-->

Tomat itu buah apa sayuran ??

source google.com

Apa kalian tahu tomat? Yap kita sering melihat tomat sebagai bumbu penyedap rasa, tomat akan menambah rasa pedas pada makanan. Selain itu, tomat juga dapat dimakan langsung dengan rasanya yang gurih dan mengandung vitamin C dan A untuk tubuh.
Apakah kalian pernah bingung sebenarnya tomat itu buah atau sayuran sih? Mungkin kalian pernah berdiskusi dengan teman sewaktu masa kecil, atau bahkan hingga sekarang.

Oke kali ini kita akan menjelaskan lebih detail sebenarnya Tomat itu merupakan buah atau sayur.

Dalam ilmu Botani (ilmu yang mempelajari struktur tumbuhan) sudah pasti Tomat merupakan buah, mengapa? Karena buah sendiri pada pada dasarnya merupakan struktur yang mengandung daging buah dan biji didalamnya, buah berasal dari tanaman berbiji yang berkembang setelah penyerbukan. Pada bunga, penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jatuh dan menempel pada kepala putik. Kemudian, akan terbentuk benih buah di dalam ovarium yang seiring waktu akan membengkak dan matang menjadi bakal buah.
Seperti kita ketahui Tomat mengandung biji didalamnya, selain itu tomat juga mengandung daging buah yang dapat dimakan, berarti sudah jelas berdasarkan struktur Tomat diklasifikasikan sebagai buah. (termasuk mentimun, cabai, labu, paprika, dan buah zaitun juga termasuk buah sebenarnya)
Sementara itu yang dimaksud sayuran berdasarkan struktur adalah bagian tanaman yang tidak berbunga ataupun berbiji. Bisa saja kita makan daunnya seperti bayam, dimakan bagian batangnya seperti seledri, dimakan bagian akarnya seperti wortel,serta dimakan umbinya seperti kentang.

Lalu mengapa Tomat juga disebut sayuran?

Sebenarnya pengklasifikasian seperti itu terjadi dalam dunia kuliner, bukan botani.
Seperti kita tahu dalam dunia masakan tomat sering dipakai bumbu penyedap dengan rasa pedas, selain itu penggunaan tomat juga umum sebagai bagian dari sayuran, misalnya salad, sup, dan sandwich.
Dan berdasarkan dari rasa, kebanyakan orang berpendapat bahwa buah itu rasanya manis, sementara itu sayur biasanya diolah terlebih dahulu dan disajikan dengan rasa yang gurih. Kita tahu bahwa rasa Tomat gurih pedas, sehingga banyak yang mengira Tomat adalah sayuran.

Apa kesimpulannya?

Kita bisa mengklasifikasikan Tomat tergantung pada kondisi tertentu.
Dalam ranah ilmiah menurut ilmu Botani kita bisa menggolongkan Tomat sebagai buah karena strukturnya.
Tetapi dalam dunia kuliner (masakan) kita bisa menggolongkan Tomat sebagai sayuran karena penggunaannya.
Fun fact:
Ternyata sejak 1893 melalui pengadilan Amerika serikat, tomat sudah diidentifikasikan sebagai sayuran loh!
Itu terjadi karena masalah import di Amerika serikat. Para importir beradu argumen soal tomat. Hal ini diperdebatkan karena berpengaruh pada pajak yang dikenakan. Kala itu di Amerika Import Buah tidak dikenakan pajak, sementara sayur dikenakan pajak 10 persen untuk impor.
Sementara itu masih banyak para Importir yang masih awam soal perbedaan antara buah dan sayuran (terutama soal tomat), hingga akhirnya US supreme Court membawakan sidang "Apakah tomat termasuk sayur atau buah?" Untuk mengatasi masalah pajak ini.
Hingga akhirnya diputuskan dalam pengadilan bahwa Tomat merupakan sayuran, keputusan ini diambil berdasarkan penggunaan tomat dalam dunia masakan sebagai bagian dari sayuran, misalnya salad, sup, dan sandwich.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tomat itu buah apa sayuran ??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel